seragam batik haji 2010

Bapak/ibu yang saya hormati…. kabar baru dari pemerintah, bahwa jamaah haji tahun 2010 nanti akan memakai seragam batik. Sebelumnya jamaah haji Indonesia memakai seragam biru telur asin.

Berikut ini informasi haji berkenaan dengan pergantian seragam haji dari Detik

—————–

“Kementerian Agama akan melakukan perubahan seragam jamaah haji, dari biru telur asin polos menjadi seragam batik nasional,” Sekjen Kementerian Agama, Bahrul Hayat dalam jumpa pers di kantornya, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (23/6/2010).

Menurut Bahrul, desain dan corak batik akan ditetapkan pada 13 Juli mendatang. Jamaah haji Indonesia akan mengenakan seragam ini mulai dari berangkat Haji hingga ke Makkah, dan hanya ditanggalkan saat mengenakan pakaian ihram untuk melakukan rukun dan wajib haji

———————————–

Dengan pergantian seragam ini, Anda akan semakin mudah menemukan jamaah haji Indonesia di tanah suci. Seperti yang Anda ketahui, jamaah haji Indonesia adalah jamaah terbesar di setiap ibadah haji. Tahun 2010 diperkirakan lebih dari 211  ribu jamaah haji berasal dari Indonesia. Dengan menggunakan seragam lama saja jamaah Indonesia mudah dikenali, apalagi jika memakai batik

Pengalaman tahun 2009 lalu, saya begitu mudahnya menemukan orang Indonesia. Karena selain jumlahnya besar, ukuran dan fisik orang Indonesia mudah dikenali. Apalagi mereka juga banyak yang menggunakan seragam di saat ibadah

Jika seragam lama yang warnanya biru telur asin masih nyaman dipakai juga untuk ibadah, bagaimana dengan batik ya ? Apa masih nyaman masuk masjidil haram pakai batik, sementara yang jamaah negara lain memakai pakaian putih atau warna yang polos ? Saya yakin Anda tidak nyaman. Dan sepertinya akan lebih sulit menemukan jamaah haji Indonesia di dalam masjidil haram untuk tahun ini daripada tahun lalu.

Bagaimana juga saat melempar jamrah ? Jika sebelumnya sebagian rombongan jamaah haji Indonesia memakai baju seragam saat melempar jamrah, apakah tahun ini juga dipakai saat melempar jamrah ? Saya yakin pasti tidak….

Kalau saya…. Bolehlah saat berangkat dan pulang memakai batik. Tapi kalau sudah ibadah, sesuai dengan sunnah rasulullah memakai pakaian putih. Bagaimana dengan Anda ?

Dengan informasi ini, sebaiknya jamaah haji menyiapkan lebih banyak pakaian putih untuk digunakan saat ibadah di tanah suci.

Wassalam

AL ARIF

————-

Sumber berita : http://www.detiknews.com/read/2010/06/23/181811/1385074/10/jamaah-haji-indonesia-akan-berseragam-batik-tahun-ini