Bapak/Ibu yang saya hormati… Bagaimana kabar Anda hari ini. Semoga sehat dan sukses selalu. Pada tulisan kali ini saya akan menulis seputar bagaimana caranya agar ibadah haji Anda tidak sia-sia. Lho kok sia-sia ??? Apa maksudnya ?

Maksud saya begini… Ibadah haji kan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi yang menggunakan ONH Plus, yang nominalnya dua kali lipat daripada haji biasa. Nah.. biaya yang sedemikian besar itu, jika Anda tidak benar-benar menunaikan haji dengan sungguh-sungguh, maka haji Anda bisa sia-sia, alias tidak berbekas atau jauh dai haji mabrur.

Lihatlah di sekeliling Anda, apakah ada orang yang sudah menunaikan ibadah haji, tapi tingkah lakunya malah sering berbuat dosa ? Saya yakin pasti ada. Kita berharap ibadah haji kita tidak seperti itu. Kita pasti menginginkan ibadah haji kita diterima dan menjadi haji mabrur. Dan setelah pulang ke tanah air,  kita menjadi pribadi unggul dan saleh melebihi sebelum kta berangkat haji

Ingatlah selalu, bahwa haji itu bukanlah beli barang. Anda tidak cukup hanya dengan persiapan uang dan bekal perjalanan, lantas mendapatkan predikat haji mabrur. Dan jangan pula Anda niatkan sedikitpun saat pergi haji untuk mendapatkan gelar pak haji atau bu haji. Haji lebih mulia daripada sekedar gelar itu.

Bagaimana agar haji Anda tidak sia-sia ???

Agar haji Anda tidak sia-sia dan mendapatkan predikat haji mabrur, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

1. Persiapan fisik

Ibadah haji adalah ibadah fisik. Anda akan banyak menggunakan kekuatan fisik disana. Thawaf 7 kali mengelilingi ka’bah memakan waktu sekitar 1 jam. Sai antara bukit shafa dan marwa juga sekitar 1 jam. Menunggu bis di muzdalifah bisa berjam-jam di tengah malam. Melempar jumrah 4 hari berturut-turut dan menempuh perjalanan lebih dari 5 km. Belum lagi menghadapi kerumunan massa dan berdesak-desakan dengan manusia yang ukuran tubuhnya lebih besar.

Karena itu, persiapkan fisik Anda jauh-jauh hari. Jaga kesehatan dan banyak berolah raga. Bagi yang usia lanjut, biasakanlah jalan kaki setiap hari

2. Persiapan Ilmu

Selalu sadarlah, bahwa setiap ibadah itu harus disertai dengan ilmu. Tidak ada alasan untuk tidak belajar.  Kini telah banyak sarana belajar yang bisa Anda dapatkan, seperti buku, VCD, pengajian, internet, dll. Pelajarilah manasik haji. Jangan sampai Anda hanya mengandalkan pembimbing haji (ketua rombongan) yang belum tentu bisa mendampingan Anda 24 jam. Ingat, ibadah haji adalah ibadah Anda, bukan ibadah rombongan. Anda harus tahu ilmunya. Tanpa ilmu, Anda tidak mungkin bisa menjiwai ibadah haji Anda.

Karena itu, bekali diri Anda dengan ilmu, sebelum berangkat haji.

3. Persiapan mental

Persiapkan mental Anda dalam menunaikan ibadah haji. Sadarilah bahwa ibadah haji adalah anugerah besar dari Allah SWT untuk Anda. Tidak semua orang bisa menunaikan ibadah haji. Bersyukurlah akan hal itu.

Pahamilah makna-makna yang terkandung dalam tata cara haji. Jalankan semuanya dengan penuh kesabaran. Ingat yang Anda lakukan disana adalah ibadah. jangan nodai ibadah Anda yang hal-hal yang bisa mengurangi nilai ibadah itu sendiri

Perbanyaklah ilmu dan informasi seputar ibadah haji. dengan begitu Anda akan siap secara mental untuk menunaikan ibadah mulia ini.

——–

Bapak/Ibu… ibadah haji yang biayanya sangat besar dan mungkin hanya sekali seumur hidup, janganlah disia-siakan. Persiapkan semuanya dengan baik…. sebelum Anda menyesal…

Semoga bermanfaat..

Wassaalamu’alaikum

AL ARIF

No related posts.