ibadah hai dan umrah

Bapak/Ibu yang saya hormati…

Kali ini saya ingin membicarakan tentang manajemen waktu pada masa menjalankan ibadah haji dan umrah. Hal ini sangat penting, mengingat ibadah haji ataupun umrah adalah ibadah yang membutuhkan biaya mahal, dan dilakukan kebanyakan satu kali seumur hidup. Jika tanpa manajemen waktu yang baik, sungguh penyesalan yang akan didapat para jamaah haji. Karena tidak bisa mengulagi ibadah haji ini.

Tulisan ini juga dilatarbelakangi oleh masih banyaknya jamaah haji yang menyia-nyiakan waktu. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna (atau malah berdosa)

Bagaimana cara manajemen waktu haji Anda, sehingga bisa mendapatkan faedah yang besar daam ibadah haji ?

1. Niat dan Tekad

Sejak awal berangkat dari tanah air, hendaknya Anda sudah berniat dan bertekad akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat di Makkah dan Madinah. Bahkan juga bertekad memanfaatkan waktu dengan baik mulai keberangkatan naik pesawat hingga selesai ibadah haji.

Anda harus sadar, bahwa ibadaha haji ini adalah ibadah yang ‘langka’ yang tidak semua orang bisa melakukannya. Dan Anda harus bersyukur, bahwa Allah telah memiliki Anda untuk menjalankan ibadah ini. Andapun harus sadar bahwa boleh jadi ini ibadah haji terakhir Anda. Karena itu, sejak awal harus berniat dan bertekad bulat untuk memanfaatkan waktu dengan baik pada masa ibadah haji

2. Rencanakan Ibadah Anda

Pepatah mengatakan ” Tanpa Penerencanaan, Anda sama saja dengan Merencakanan Kegagalan”. Pepatah ini juga berlaku dalam ibadah haji. Tanpa perencanaan yang baik, ibadah haji Anda kurang sempurna.

Anda harus merencakanan ibadah haji Anda. Kalau perlu tulis rencana Anda dalam kertas dan jadikan ia sebagai janji kepada diri sendiri untuk dilaksanakan. Tulis apa saja yang akan Anda lakukan nanti di masa haji. Target apa yang akan Anda capai. Kebiasaan apa saja yang akan Anda lakukan di masa haji.

Sebagai contoh, Anda bisa merencanakan dan menulis rencana serta target Anda seperti ini :

  • sholah jamaah 5 waktu
  • membaca Al Quran sehari 1 juz, atau setiap selesai shalat
  • thawaf sunnah setiap hari
  • shalat malam setiap hari
  • membaca buku manasik sebelum beramal dan buku agama
  • menghafal doa-doa
  • hanya berkata yang baik-baik
  • tidak banyak ngobrol dan menggunjing orang
  • dan sebagainya

Bapak ibu yang saya hormati… Berdasarkan penelitian, bahwa kita bisa membangun kebiasaan dalam waktu 21 hari. Nah, ibadah haji ini sebisa mungkin kita jadikan sebagai ajang melatih kebiasaan yang baik. Sehingga saat pulang ke tanah air, kita benar-benar terbiasa melakukan amal ibadah dan perbuatan baik lainnya. Dan kita akan menjadi pribadi yang unggul

3. Bawa Perlengkapan Ibadah Anda

Persiapkan dari rumah untuk membawa alat-alat ibadah yang Anda perlukan. Seperti Al Quran, kopyah, mukena, buku agama, buku manasik, dll. Bahkan jika Anda memiliki alat-alat audio, ataupun HP yang bisa memutar bacaan Al Quran, bawa saja. Dan jika Anda kelupaan membawa alat-alat ibadah, Anda bisa membeli di sana. Tidak ada alasan ketinggalan (lupa) membawa alat ibadah, lalu Anda bermalas-malasan ibadah.

4. Hindari Perbuatan Sia-Sia

Ingatlah tujuan Anda pergi ke tanah suci adalah beribadah. Hindari perbuatan yang sia-sia, atau bahkan menambah dosa. Contoh perbuatan yang sia-sia antara lain :

  • Terlalu banyak ngobrol yang tidak berguna
  • Banyak berbelanja, lupa ibadah
  • Jalan-jalan kesana kemari yang tiada guna
  • Terlalu banyak makan, ngemil, atau cari makan di luar
  • Telpon, SMS yang tidak berguna
  • dan sebagainya

Tinggalkan semua perbuatan yang sia-sia. Berfokuslah untuk membiasakan diri memanfaatkan waktu dengan baik untuk beribadah kepada Allah.

5. Pilih Teman Yang Rajin Ibadah

Teman sangat mempengaruhi kita dalam segala hal. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa menolak ajakan teman. Karena itu, saat ibadah haji, pilihlah teman yang rajin ibadah. Sehingga Anda juga ‘ketularan’ rajin ibadah. Dan Ada bisa memanfaatkan waktu ibadah haji Anda dengan baik

Saat ibadah haji, Anda akan menemukan banyak tipe manusia dengan latar belakang yang beragam. Ada yang rajin ibadah. Ada juga yang suka ngobrol. Dan ada juga yang suka belanja dan bingung memikirkan oleh-oleh untuk saudara di tanah air.

Jika Anda benar-benar bertekad memanfaatkan waktu Anda dengan baik, maka Anda pasti memilih teman yang rajin ibadah. Sehingga Anda benar-benar bisa memanfaatkan waktu haji Anda dengan baik

6. Tinggalkan semua urusan dunia

Berfokuslah pada saat ibadah haji hanya untuk ibadah saja. Tinggalkan semua urusan bisnis dan pekerjaan. Saat hendak berangkat haji, hendaknya semua urusan bisnis dan pekerjaan selesai. Dan saat Anda tinggalkan, Anda harus yakin semuanya akan baik-baik saja.

Urusan bisnis dan pekerjaan akan bisa mengganggu konsentrasi Anda. Coba bayangkan, saat Anda melaksanakan thawaf tiba-tiba ada kabar buruk tentang pekerjaan dan bisnis Anda. Pasti konsentrasi Anda akan buyar dan Anda tidak bisa menikmati ibadah dengan khusu’

Bapak ibu yang saya hormati… demikianlah beberapa langkah untuk mengelola waktu Anda saat ibadah haji. Semoga Anda bisa memanfaatkan waktu dengan baik pada masa ibadah haji.

Semoga bermanfaat…

Wasslamualaikum

AL ARIF

No related posts.